Padang-CSIRT Ikuti Communication Check Nasional Bersama Gov-CSIRT BSSN

By Admin in Berita Keamanan Siber

Berita Keamanan Siber
Padang---- Padang -CSIRT Communication gelar kegiatan Check Bulan Desember Gov-CSIRT secara nasional, Rabu (14/12/22), pagi sampai siang secara zoom meeting.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin oleh BSSN dalam rangka evaluasi kegiatan CSIRT di seluruh Indonesia, sekaligus berbagi pengalaman dalam menangani insiden siber di tingkat nasional dan daerah.

Perwakilan Padang-CSIRT diikuti Kabid Statistik Sektoral dan Persandian Daerah Diskominfo Kota Padang bersama Tim Padang-CSIRT yang digelar di ruang Padang Command Center Balai Kota Aia Pacah, melalui zoom meeting.

Diikuti 77 partisipan, diantaranya BSSN, Id-SIRTI/CC dan perwakilan CSIRT Pemerintah Pusat/Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, serta CSIRT Lembaga dan Perbankan yang telah memiliki CSIRT di seluruh Indonesia.

Agenda kegiatan communication check diawali dengan sesi evaluasi pelaksanaan communication check, dipimpin Ketua Pelaksana Gov-CSIRT Taufik Arianto, S.ST., M.Kom.

Dalam sesi itu Taufik Arianto mengingatkan, mengenai celah-celah kerentanan dalam keamanan siber.

Juga dipaparkan langkah-langkah mengatasi kerentanan dan serangan siber.

Yang tak kalah penting juga sharing session mengenai lesson learned, penanganan insiden siber oleh Sandi Aditya sebagai Perwakilan BIG-CSIRT (Badan Informasi Geospasial-CSIRT).

Dalam sesi itu Sandi Aditya menjelaskan, bagaimana pengelolaan CSIRT Di Badan Informasi Geospasial.

Juga ada sesi paparan, masing-masing CSIRT.

Diikuti seluruh CSIRT, diantaranya Bali-Prov, LKPP, Kementerian Pertahanan, Kementerian ESDM dan Kejaksaan Agung RI.

Dalam sesi ini, masing-masing perwakilan CSIRT memaparkan update mengenai perkembangan dan pengelolaan di
masing-masing CSIRT. (Diskominfo/RA/Yuli)
Back to Posts